Naik Kereta ke Bandung

02 July 2023

      Pertengahan tahun akhirnya bisa nyoret wishlist lagi yaitu naik kereta jarak jauh. Destinasi pertama adalah Bandung!

     Pembelian tiket bisa di aplikasi KAI Access, tiket kereta ekonomi dari Stasiun Gambir ke Stasiun Bandung seharga Rp150,000.00 dengan durasi perjalanan selama 2 jam 47 menit.
     Culture shock naik kereta jarak jauh adalah posisi kursi. Sempat mikir kalau kursinya bakal menghadap satu arah, ternyata enggak.
     Satu gerbong ada 20 baris kursi, dan 4 kolom A B C D. Kursi 1-10 menghadap ke depan, sedangkan kursi 11-20 menghadap ke belakang. Jadi kursi 10 sama 11 hadap-hadapan. Apakah kebayang😂? Ya kira-kira kaya foto di bawah ini.
Pict by: keretaapikita
     Sekedar tips dari newbie ini, kalau mau duduk dekat jendela pilih kursi A dan D. Kalau mau yang area kakinya luas pilih kursi 10 atau 11.
 Waktu awal keberangkatan pemandangannya masih biasa, ada perumahan atau sawah. Kira-kira pas udah lewat area perbukitan, pemandangannya indah banget.
     Yang paling berkesan waktu kereta ngelewatin jembatan, pemandangan di sebelah kanan kirinya pegunungan yang ditutupi kabut. Pas liat, berasa adem dan tenang banget! Itung-itung cuci mata ngeliat yang ijo-ijo.
     Sebenarnya naik kereta ke Bandung selain lebih cepet, memang diniatin mau ngeliat pemandangannya yang lumayan buat dijadikan sarana healing.
     Sesampainya di Stasiun Bandung, udaranya lumayan panas. Tapi gak sepanas Jakarta. Begitu keluar dari gerbong, langsung ngantri buat naik skybrige.
Macet~

     Sampai di atas, ada papan petunjuk yang nginfoin pintu keluar. Kalau mau ke arah alun-alun Bandung disaranin lewat pintu selatan.


2 comments :

  1. Belum pernah nih naik KA ke Bandung mba. Tapi mengingat jkt-bandung kalo lewat tol makin menggila macetnya, suami juga udh males jadi nya. Dia pernah bilang sih, mending naik KA deh ke Bandung. Sampe sana jalan pake grab atau sewa mobil aja. Ga kuat nyupir nya 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama suami kak Fanny. Kalau weekend, tantangannya macet yang bikin puyeng. Ntar niatnya mau healing ke Bandung, malah makin stres gara-gara di perjalanan 🤣

      Delete