Renjana

13 September 2024

     Renjana, sebuah novel romansa dewasa mengisahkan seorang raja Majapahit yang menghapus eksistensi dirinya dari sejarah, dan rela dikutuk menjadi immortal demi bertemu dengan reinkarnasi sang istri. Terdengar romantis bukan?
     Novel lokal yang mengabungkan 4 topik yang tak biasa, yakni reinkarnasi, mitologi Jawa, kebudayaan keraton Yogyakarta, dan sejarah. For your information, novel ini dilahirkan saat penulis -ElAlcia- masih duduk di bangku SMA, patut diacungi jempol!
     Adanya unsur kebudayan keraton Yogyakarta membuat beberapa dialog memakai bahasa Jawa. Tak perlu khawatir, karena ada terjemahan dialog di catatan kaki. Hitung-hitung belajar bahasa barukan ><.
     Meski alur novel ini maju mundur, tetapi penempatan dan peralihan dari masa sekarang ke masa lalu tidak membingungkan pembaca. Menurutku, sangat tepat menempatkan kisah masa lalu sebagai bagian dari mimpi karakter utama. 
     Karena aku sangat tertarik dengan cerita reinkarnasi, tak membutuhkan waktu lama untuk menamatkan novel setebal 337 halaman ini. Mungkin hanya sekitar 6 jam. Namun di tengah cerita, hampir mau berhenti membaca novel ini karena merasa kasihan dengan Gentala atau Gen, karakter utama wanita di masa sekarang.
     Semua karakter di novel ini seperti menyiapkan kehidupan hanya untuk sosok masa lalu dari karakter utama wanita. Seolah-olah Gen di masa sekarang hanya sekadar wadah saja.
     Lalu kenyataan bahwa Gen harus kembali kehilangan kebebasannya hanya karena cinta.... Rasanya mau meluk dan menyemangati Gen :(. Apalagi begitu selesai baca, merasa kalau Gen seperti dijadikan hadiah untuk Pram, karakter utama pria. 
     Tak mau menutup mata jika Pram juga mengalami penderitaan, namun mengingat peristiwa yang dialami Gen baik di masa lalu ataupun sekarang... huft nanti malah jadi spoiler :(.
     Secara keseluruhan, novel ini bagus bagi yang tertarik dengan sejarah dan reinkarnasi. Menurutku, sangat disayangkan konflik di novel ini kurang greget, dan juga karakter utama pria yang bisa membuat pembaca mengelus dada.

Post a Comment